YOUKOSO!!

Nityaningrum Duatibumi (^__^)/ !!!

Hello!! Thanks for visiting my blog!

Feel free to leave comment

Happy reading, minna!!!

Monday, October 10, 2011

お倉山小学生 (Okurayama Shougakusei)

Hari Minggu, 2 Oktober 2011. saya dan Host Parents mengunjungi sekolah Shouei dan Hana-chan. kaya di komik2 gitu loh..... orangtua datang untuk melihat aktivitas anak2 mereka selama di kelas.

Sekolahnya Sho-chan dan Hana-chan sekitar 4 lantai. dengan halaman depan yang lumayan besar dan bukit yang berfungsi buat rumah kaca dan tempat bermain. ga terlalu gede sih sekolahnya.
suasana dalam kelas

Kalo yang saya liat, di depan semua kelas, di pajang berbagai macam prakarya siswa-siswi. dan juga beberapa benda menarik yang siswa/i eksplorasi selama liburan musim panas. beberapa waktu yang lalu, saya dan Okaa-san nganterin tanaman buat PR si Shouei dan Hana-chan selama musim panas. Bunga Hana-chan tumbuh dengan lebat dan tanaman terong si Shou-chan gemuk2 gitu. sebagai Onee-chan mereka saya teramat bangga membandingkan hasil kerja ade2 saya. hahaha dasar ya, emang semua kakak punya ego yang besar terhadap adik2 mereka... nyahahaha!

prakarya yang dipajang di depan kelas.


nah, balik ke topik mengunjungi kelas di SD Jepang. 1時間目(jam Pelajaran pertama) kami mengunjungi kelasnya Shou-chan, 2年1組。pelajaranya adalah musik. semua main pianika bareng2 dan belajar lagu musim gugur. ahhh みんなかわいいと思う!(ahhh semuanya imut!)

ini pas anak2 bermain di 対九かん (Taikukan=gymansium)

Pendidikan di SD JEpang saya pikir jauh lebih bagus dibanding SMA nya. itu menurut saya yah... kenapa? karena sistem di SMA cuma MENDENGARKAN guru dan MENULIS catatan saja! mereka jarang banget menyampaikan opini akan sesuatu. jadi bete gitu deh. bahkan mereka jarang sekali berdiskusi dengan guru. mereka menelan gitu aja semua apa kata guru. hmm... beruntunglah siswa Indonesia. kita punya poin yang menurut saya unggul.

nah, kalo SD di Jepang, saya rasa sistem pendidikanya sudah mulai berubah. mereka dibiasakan untuk berani berpendapat dan berbicara depan ornag banyak. contohnya di Kelas Shouei, ketika selesai mncoba menyanyikan lagu. guru akan bertanya 「もう、ちょっといい声できるかな。。。どうですか、みんなさん?」 (Kayaknya masih bisa lebih bagus deh. gimana menurut kalian?) contohnya kaya gitu. dan pertanyaan seperti itu akan disambut oleh jawaban anak2 yang dengan tertib mengacungkan tangan. semoga saja kedepanya orang2 Jepang jauh berubah dengan lebih bernai menyampaikan pendapat. karena menurut sepenglihatan saya, orang Jepang sangtalah pemalu dan tertutup.

Kalo di Kelas Hana-chan, ada pelajaran prakarya. mereka membuat suatu mainan tentang bagaimana cara tanamn tumbuh. saat men-design pot bunga, guru akan berkeliling. ketika guru menemukan pot yang cantik, ia akan menujukanya ke seluruh kelas. hal yang baik adalah anak tersebut merasa bangga dijadikan contoh dan teman2ya akan termotivasi untuk membuat yang lebih baik lagi. keren ya... tapi saya rasa sekolah di Indonesia sudah melakukanya jauh lebih dulu. saya rasa kita boleh berbangga ;D

Hmm intinya seru banget bisa lihat2 sekolah Sho-chan dan Hana-chan. jadi bisa belaajar banyak dan lebih dekat sama kehidupan Jepang. saya juga terharu banget ketika Hana-chan dan Sho-chan memperkenalkan saya kepada teman2 mereka.  【僕のお姉ちゃんだよ!留学生だ!インドネシアから来った!」 (Ini adalah kakakku. dia pertukaran pelajar! Datang dari Indonesia!) wahhhh terharu banget dipanggil Onee-chan!!!

Betapa terharunya seorang kakak yang diakui adik-adiknya. Gak di Indonesia gak di Jepang, adik-adik saya adalah kekuatan yang menyemangati.

Arigatou gozaimasu, Natrya, Nadya, Shouei, dan Hana!

Terimakasih banyak !

No comments:

Post a Comment