YOUKOSO!!

Nityaningrum Duatibumi (^__^)/ !!!

Hello!! Thanks for visiting my blog!

Feel free to leave comment

Happy reading, minna!!!

Monday, December 27, 2010

AFS Tahap 2

maaf setelah sekian lama tidak menulis soal AFS. sekarang saya balik lagiii~~

 ♥♥♥

muahahhaha senangnyaa, kalo sekarang kamu sednag peduli dengan tahapan seleksi AFS.

Disini saya sekedar berbagi cerita ya tentang seleksi AFS tahap 2. tapi sebelumnya, saya ucapkan                                                 
                         SELAMAT!! 
bagi yang sampai pada tahap ini. fuwaaa perjalanan masih panjang lho kawan~~

Oke deh, langsung aja saya share pengalaman saat menjalani tahap 2 seleksi AFS.
Tahap 2 seleksi AFS seperti yang diketahui adalah selkesi Wawancara. yang teriri dari wawancara Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Peserta yang lolos sampai tahap ini sekitar 200 lebih peserta. oleh karena itu, seleksi dibagi jadi 2 hift. shift siang dan shift pagi.

Kebetulan saya dapet shift siang yang mulainya tuh jam 12 kalo ga salah. ya pokoknya masih sempat shalat dzuhur deh... pas sampe SMA 3 Muhammadiyah (tempat seleksi tahap 2) udah banyak banget yang dateng. sempet ketemuanak satu sekolah yang dapet shift pagi...

Temen saya ada yang bilang "Aduh pokoknya susah banget deh... gue ngeblank nih!", ada juga yang bilang "Lancar deh, yang penting tenang! Semangat ya Nit!" atau ada juga yang bilang "Ah ga hoki gue! yang wawancara galak banget!" atau apalah pokoknya comment.nya macam2!


Tapi yang perlu diperhatikan adalh brsikap tenang. ya OK! Saya pun mencoba bersikap tenang.

Sekitar pukul 12.30 loket pendaftaran ulang dibuka. Para peserta yang telah mendaftar dikumpulkan dalm satu ruangan. dan akhirnya terjadilah penantian lama untuk menungu dipanggil.

Eh emang dasar gue beruntung diberi Allah giliran maju pas awal2. wahhh asik jadi deg2an.nya ga terlalu lama deh. Dari ruang tunggu saya dipanggil ke ruang tes wawancara B. Indonesia.

Dan seperti yang senior saya bilang, ini adalah tahap selksi wawancara kepribadian gitu deh. Intinya gambarkanlah sisi positif dalam dirimu sebaik mungkin!! Kalo kamu punya kelemaha, keluarin aja dengan jujur!! karena mereka tidak butuh ank2 yang suka berbohog.

SARAN:
1. Jadilah pribadi yang TENANG
2. katakan semua fakta dalam diri kamu dengan JUJUR
3. Katakanlah dengan jelas dan tunjukkan minat kamu sebesar2nya terhadap program yang ingin kamu pilih. contoh: Kalau kamu pengen dapet program YES, bilang dengan jujur, tegas dan logis mengapa kamu INGIN dan PANTAS mendapat program YES.

Wawancara ini adalah tahapan emas untuk (setidaknya) mencondongkan kamu terhadap program yang kamu inginkan. meskipun belum terjamin 100%, tapi ini akan memudahkan panitia untuk memprioritaskan program yang kamu pilih!

P.S: oya, katanya nih kalau durasi kamu diwawancara lamaaa banget. itu tandanya..... SELAMAT! para juri sudah bersimpati terhadap kamu. intinya merek tertarik sama kamu. hehehehe katnya loh~~

wawancara selanjutnya adalah wawancara Bahasa Inggris.. di sini saya diwawancarai oleh 2 orang kakak muda yang satu ganteng dan satu lagi cantik... aduh lupa namanya.. pokoknya wawancara kali ini terkesan lebih santai dan nyaman? heheh soalnya ga setegang pas wawancara B.Indonesia tadi. Kaknya juga ramah dan berusaha memahami B.Inggris saya yang agak belepotan. hahahah maaf ya kak -..-"

Ya sekian liputan cahhh wawncara AFS Tahap 2!!! Semangat ya youuu guyss!!! *sok asik

P.S: jangan lupa bawa kartu ujian!!

No comments:

Post a Comment