YOUKOSO!!

Nityaningrum Duatibumi (^__^)/ !!!

Hello!! Thanks for visiting my blog!

Feel free to leave comment

Happy reading, minna!!!

Wednesday, August 18, 2010

Nihon No Matsuri

I loved Japan very much.. Dari mulai SD ampe sekarang. Mulai dari anime-nya, komik-nya, peoples habit-nya, sampe ke seluk beluknya..

But first thing that very admire me,is.. It's culture! Dari baju adat, makanan, ampe matsuri : festival-nya..

Ak juga seneng buat mampir ke banyak nihon no matsuri di Indonesia.

Well,sesuai tittle catatan ku.. Berikut aku maw ngasi taw beberapa fest di Japan..

1. Festiual menatap bunga sakura
: di Jepang, saat pertengahan bulan April.. Semua sekolah di Jepang memulai Tahun Ajaran Baru.. Ya,, karna mulai Musim Semi di sana..

Apalagi bunga Sakura putih dan pink sedang mekar"a.. Orang Jepang memanfaatkan event ini,untuk piknik di bawah pohon Sakura

2. Festival Bon Odori
: Musim panas adalah musim paling meriah. Hampir tiap minggu di musim panas Jepang,, selalu terdapat berbagai festival.

Festival bon odori lah yang menjadi puncak dari summer fest di Jepang. sebenernya bon odori adalah tarian yang ditarikan oleh banyak orang secara serempak. mereka mmbuat lingkaran besar mengelilingi genderang (taiko).

Di fest ini terdapat banyak kios yang menjual jajanan maupun souvenir. Ada takoyaki, gurita bakar, apel / persik karamel, belut bakar, onigiri stand, sushi stand dan ocha (teh hijau Jepang).

Bon odori sendiri,artinya tabuhan genderang..
Para lelaki kuat menabuh genderang super besar di tempat tinggi yang tersusun dari kayu,serta para pengunjung dapat menari bersama mengitari altar genderang yang sedang di tabuh.

3. Cha no Yu
: artinya upacara minum teh. Upacara ini sangat populer di Jepang maupun mancanegara. Aku juga pernah mengikuti cha no yu..

Setahu ku.. Cha no yu dimulai dari halaman luar tempat upacara tsb. Para peserta upc tsb disuguhkan sepotong kecil kue beras / kue ketan yang legit. Mengapa demikian? Sebab, memakan kue manis ini bertujuan untuk meredam rasa ocha (teh hijau) yang sangat pahit dan kental.

Kemudian setelah selesai para peserta masuk perlahan dengan berjalan menggunakan kaki yang terlipat kebelakang. Melakukan penghormatan di depan pintu masuk, dan selanjutnya berjalan dengan sopan di atas tatami (lantai Jepang).

Selanjutnya aku akan menggambarkan tempat upcra ini. Semoga bisa kebayang..

Aku ambil contoh tempat upacara yang mewah. Biasa'a tempat upacara terletak di tepi taman. Sehingga sambil minum teh, kita juga bisa melihat dan mendengar suara alam. Tempat berukuran 10 x 15 m. Dan seluruh lantai tertutup tatami. Pintu ada di samping ruangan menggunakan pintu geser yang berbalut kertas putih/corak Jepang.

Di dalam ruangan terdapat meja kecil yang diatasnya terdapat berbagai peralatan membuat teh. Ada chusaku (pengocok teh. Bayangin aja, teh yang masih panas dan kental dikocok searah jarum jam sampai berbusa sa sa. Buset dahh), ada juga gayung kecil banget bergagang puanjang untuk mengambil air didih u/ seduhan teh.. Kemudian ada toples kecil yang cantik u/ menyimpan serbuk teh, serta mangkuk kecil yang sangat ngat cantik dan mewah u/ minum teh. Kemudian,disamping meja terdapat tungku/kompor u/ merebus air. (As you know peralatan diatas harganyaaa muaahaaal gilaaa)

Ak ga kebayang kalo mecahin satu.

Udah sampe part 4,tapi masih seputar cha no yu...

Oya,tempat duduk (lebih tepatnya bersimpuh c.. :p) diatur juga lho! Haha.. Begitu lah Jepang,semua'a selalu sarat dengan seni dan sangat obey the rules.

Dari arah meja kecil (baca part 3), para peserta bersimpuh membentuk letter U.. Yang duduk paling dekat sebelah kanan dari sang pembut teh di meja kecil tsb,biasanya sang tuan rumah atau orang yang paling tinggi kedudukanya..
Karena ak cuma chugako (siswa/org biasa) aku duduk di urutan tengah.

Setelah dibuatkan teh dan menerimanya kita harus mengucapkan trima kasih dan kemudian mengagumi mangkuk teh tsb yg harganya ajojing! Kemudian tangan kiri trbuka sebagai alas mangkuk dan tangan kanan memutar 3x mangkuk tsb searah jarum jam. Dan,menengoklah ke orang sebelah kanan mu dan berkata "saya lebih dulu." dan kemudian minumlah hingga teh habis dalam satu tegukan!! Terakhir,,keluarkan bunyi "slurrp" dari bibir kita,tanda kita selesai minum. Ini juga bertujuan u/ menunjukan bahwa kita menyukainya.

⊙Fakta menarik dari cha no yu..
★ mangkuk untuk minum hanya disediakan SATU dan digunakan bergiliran. So kalw kamu mau minum ya tunggu sampai orang sebelah kiri mu selesai minum.
★ pembuatan teh dan pengocokan teh yang lama itu,dibuat berulang kali sebanyak jumlah peserta. (Ga kaya kita.. Satu teko buat bareng-bareng. Jyaaahhjilah..)
★ selama upacara semua peserta duduk bersimpuh dan tidak diperkenankan melakukan banyak gerakan karna SANGAT tidak sopan.
★ dan.. Yang paling gilaa..
WE MUST TO SHUT UP DURING CHA NO YU!!! Bener" sunyi n hidmat. Ak aja ampe wkt ngmong dkiiit aja langsung dipelototin sama penterjemah si Master pembuat teh. Jadi, selama cha no yu yang ak ikutin cuma penterjemah dan master Jepang itu yang ngomong.. Suasana'a lebih mirip kuburan. Gaaangg.. :d gak..kidding

Ah..selesai juga..

4. Festival Koinobori
: ditujukan u/ kalangan laki".

Stiap keluarga memasang layangan brbentuk ikan koi didpan rumah mereka.

Jumlah layangan yg dipakai disesuaikan dengan jumlah laki" di rumah it.

5. Hina Matsuri
: ditujukan untuk para gadis.

Bagi para keluarga yang mampu mereka akan memajang koleksi boneka yang berpakaian ala kerajaan.
Boneka pemain musik kerajaan hingga para dayang,ratu serta raja'a.

Boneka ini disusun di rak yang berbentuk tangga berundak. Semakin tinggi undakan dan koleksi boneka'a menandakan status keluarga tsb. (Biasa lah dimana juga orang selalu punya niat pamer. Ehe :p)

Lalu juga terhidang aneka jajanan manis kesukaan anak perempuan Jepang. Seperti Taiyaki (kue gendut bentuk ikan yang diisi abome-selai kacang merah), lalu ada mocchi (aku suka mocchi kacang merah dan mocchi dgn taburan gula aren)

Anak" perempuan mengenakan kimono terbaik dan saling mengunjungi teman perempuanya yang lain

5. Festival Tahun Baru
: semua orang akan sibuk membershkan rumah u/ menyambut tahun baru (osoji nama bersih"a) hal ini bertjuan u/ mbuang yang buruk dan mendatangkan kemakmuran,,(hmm osoji'a perlu ditiru tuh..)
kemudian mereka akan makan soba atw mie panjang umur.. Kata'a c!

hmm sebenernya masih buanyak lagi festival yang ada di Jepang. pokoknya setiap event special di Jepang pasti dirayakan secara besar-besaran. contohnya Tahun baru, upacara menuju kedewasaan dst.

semog berguna yahhhh

No comments:

Post a Comment