YOUKOSO!!

Nityaningrum Duatibumi (^__^)/ !!!

Hello!! Thanks for visiting my blog!

Feel free to leave comment

Happy reading, minna!!!

Tuesday, September 20, 2011

Beneran di Sapporo!

tanggal 19 Agustus yang lalu, Alhamdulillah dengan selamat saya nyampe di Tokyo, Jepang. sekitar 4 hari 3 malam saya menjalani orientasi di Tokyo. Ketemu sama banyaaak temen dari negara lain. ada yang dari Asia, Eropa, dan Amerika. trus ketemu sama kakak volunteer yang cakep-cakep mulus-mulus dan ganteng-ganteng, hahaha.

Kelompok saya aja guide leader nya cakep semua. Ada si Miho-chan, MaiMai, dan Ryo-chin. di akhir program, saya diaksih surat gitu sama mereka. semuanya dapet sih. Cuma ya, surat dari Ryo-chin masih belum bisa kebaca.. huruf kanji semua sih ^..^

Di Orientasi, kita diajarin banyak hal tentang kehidupan awal di Jepang. trus dikenalin beberapa budaya menarik di jepang. bahkan ada section belajar makan pake sumpit loh! hahaha
Di Hari terakhir, kita juga mengadakan talent show...


Nah tanggal 22 Agustus, waktunya para peserta bertemu host family! Di Pesawat menuju Sapporo ada Inez, Aliz, Tiffany, Lao, Pakkou, Stefan ama 1 cowo siapa lupa namanya, hahah maaf bang peace ^^V

kita semua deg2an banget sumpah, tapi seklaigus exciting. kita mah semua pada ngebacot B.Inggris trus orang samping kanan kiri depan belakang pada heran banget ama alien kaya kita. matur nuwun ya bapak-bapak ibu-ibu. maafakan kami yang terbakar gejolak masa muda... #PLAK!

Nah pas di lobi bandara tuh ya, dari jauh udah keliatan deh para host family menunggu. semuanya megangin nama-nama kita. semua board yang dipegang sama host brother sister kita lucu2 banget. aduh... tapi kok, nama saya belum ada sih...? mamaak gimana ieu teh?!!

saya berusaha sabar dan fokus nungguin lugage saya selesai diurus. tapi  sesekali saya nengok ke pintu keluar, ko belum ada juga host fam saya?! dan.. tiba2 ada 2 anak kecil yang lompat2 karena berharap dilihat sambil megangin kertas HVS. dan yak... There's my name on it! They are my host brother and sister! 良かったね!

Sekelebat saya hampir meneteskan air mata.
Setelah penantian 5 bulan yang cukup lama, akhirnya bisa juga ketemu sama Host Family!


Di belakang mereka, sepertinya ada Okaa-san dan Otou-san! Senyum mereka begitu hangat! sampai saya ga merasa kalo mereka bukan orang asing lagi buat saya.. padahal baru pertama jumpa!#cahh

Perjalanan menuju rumah, Hana Satou (Host sister, 7 tahun) kelihatan interest banget sama saya. sepanjang perjalanan dia ngeliatin wajah saya dan ngelus2 rambut. aihhh かわいい!Dan si Shouei Satou (Host Brother, 8 tahun) berusaha ngomong B.Inggris sama saya dengan malu-malu. aihhhh! XD

dari Chitose Airport ke Miyanomori (Host house) memakan waktu sekitar 1 jam setengah. Rumah mereka Terace House. Intinya bukan rumah pribadi. Rumah mereka mungil dan terdiri dari 2 lantai. lantainya kayu, dan temboknya di wrap sama wallpaper. Begitu masuk, kita bisa menemukan 玄関(genkan) yaitu tempat kita buka sepatu dan nyimpen sepatu. disini juga ada tempat buat nyimpen payung dan topi. beberapa koleksi kumbang si Shouei ada dipelihara di aquarium kecil.

 Lantai 1 ada kamar Shouei dan Hana, kamar Ortu, dan kamar saya! mereka juga punya corner buat baju2 dan peralatan camping serta BBQ. Naik ke atas. ada tempat rias buat gosok gigi, cuci muka, dandan dsb. Trus yang menarik nih, トイレ(toilet) dan お風呂(Ofuro) bath tub dan shower. terpisah jadi 2 tempat loh. hmm... dan saat kita masuk ke トイレ akan ada slipper khusus yang dipake selama di トイレ bersih banget ya? oya, kamar untuk ofuro didepanya ada tempat 洗濯機(sentaku-ki) tempat cuci baju.
Di ruangan terpisah ada Dining room dan dapur. dipisahkan oleh meja dapur. di belakang dapur ada kamar kecil buat nyimpan daily tools dan stock makanan. di deket dapur ada komputer (tempat sekarang saya duduk) dan disebelahnya ada rak piring.
Trus ada living room dan TV flat. disamping TV ada rak porselin. di samping sofa ada rak buku. kebanyakan manga One Piece punya Shouei dan Otou-san! trus di beranda tempat jemur pakaian deh.

hm... aga sulit sih dibayangin? tapi yang jelas saya udah berusaha ngasih tahu deh. maaf ya atas keterbatasanya! hehhe!

Oya, ini ada beberapa fakta yang pengen saya share di Jepang:
*waktu orie di Tokyo,saya sekelebat liat Shinkansen jalan loh! cuma sedetik sih ;P

*Di sini jangan heran kalo banyak sepeda di parkir dengan santainya di bawah pohon. dengan modal kunci stang aja. saking kagetnya, saya nanya ke MaiMai (Guide Leader) ``eh ini sepeda apa kaga takut ilang ya? kok diparkir gini aja? emang ga takut ada yang nyuri?`` dengan entengnya si Mai jawab, ``Aman kok setiap hari juga gini! emang siapa yang mau nyuri?`` aduh tolol banget lah saya! ya iyalah di Jepang siapa juga yang mau nyuri sepeda?! malu euy! maaf masih kebawa watak Indo.... #PLAK!

*bagi para pecinta jalan cepat. sama seperti saya... jangan khawatir lagi untuk ngomel2 kalo depan kita jalanya lelet! karena di Jepang hampir semua orang berjalan di KIRI (jalur santai) karena jalur KANAN dipersilahkan untuk orang2 yang Rush Hour atau mengejar waktu! wuihhh... bebas stress saya dsini :D Keinget banget deh waktu nyebrang di jembatan MargoCity, depan saya ada mba2 ganjen yang jalanya luamaaaa banget sambil nelpon! heuh! hape baru ya mbak?!

*Cewe cowo tua muda anak-anak sampe engkong2 memiliki budaya yang minoritas sama. KAWAII かわいい。 

adalah sebuah kata yang sangat populer di Jepang. yang berarti kawaii, imut dan lucu atau gemesin.

saya udah tahu jauh sebelum tiba di Jepang. tapi saya kira cowok ikemen nan tampan tidak suka dengan kata kawaii. ternyata mereka pun juga lebih memilih sebuah barang yang kelihatan 'rame' dan 'mencolok'. yang bisa juga diartikan kawaii menurut mereka. karena tak diragukan lagi, Jepang memilki standard identity yang sangat menonjol dan mudah ditebak. Contohnya, adalah kosmetik cowok. waktu saya ke コンビニ  (convenience store) sama kayak AlfaMar* dan IndoMar*. bedanya kalo disini itu RalseMar* 7Eleve* 7iHolding* dan SeicoMar* bertebaran hampir di tiap ujung blok! Masya Allah udah kaya jamur di musim hujan!!!

Ya OK, balik ke kosmetik.
Saya melihat bahwa sebut saja merk GATSB* yang di jual di Jepang. dihiasi dengan gambar2 cowok-cowok anime yang jauh lebih heboh dibanding dengan yang di dijual di Indonesia. haihh! trus perlatan rumah tangga kaya cover tissue pun dihiasi dengan bunga rameee banget. padahal mah merk itu kali di Indo lebih minimalis dan simple!

yak sekiann gitu dah pengalaman awal di Jepang! see ya later!

Maaf kepanjangan!

2 comments:

  1. wah~ seru banget!!! aku juga mau~ (maaf kalo sok nyambung :P)

    udah lama aku nunggu-nunggu cerita perjalanan di jepang kakak. aku sering banget buka blog ini... penasaran sih sama AFC-nya. (bukan stalker lho...)

    tulis terus ya kak tentang jepang!!! Ganbatte^^

    ReplyDelete