YOUKOSO!!

Nityaningrum Duatibumi (^__^)/ !!!

Hello!! Thanks for visiting my blog!

Feel free to leave comment

Happy reading, minna!!!

Tuesday, August 31, 2010

Seleksi Tahap I AFS Chapter Jakarta

Haiiiiiii!!
Tulisan ini, saya persembahkan untuk adik-adik kelas X yang mempunyai impian besar untuk jadi pertukaran pelajar! let us start to dream it from NOW!!

Saya adalah seorang sisiwi yang berdomisili di Depok. Tepatnya di SMAN 1 Depok. atas usulan para senpai/senior, maka saya bergabung dan mendaftar seleksi di chapter Jakarta. tahun 2010 ini, peserta yang mendaftar tepatnya berjumlah 1407. jadi aroma ganas persaingan sudah tercium jauh-jauh hari sebelum pelaksanaa seleksi tahap pertama.

Apa sajakah tahapan seleksi AFS??
seleksi AFS ada 3 tahapan + tahapan nasional:
1. Tahap I seleksi tertulis. terdiri dari pengetahuan umum, kemampuan B. Inggris, dan menulis essai
2. Tahap II seleksi wawancara: kita akan diwawancarai oleh para alumnus AFS atupun orang yang tahu betul tentang program AFS.
3. Tahap II seleksi dinamika kelompok: kita akan mengerjakan suatu karya bersama-sama dengan sebuah kelompok.
4. Tahapan Nasional: seleksi berkas. tahap ini memakam waktu paling lama. dan mudah-mudah kamu samapi pada tahap ini ya.... <3

Nah...... saya akan membahasnya secara bertahap... mulai dari seleksi Tahap I...

RESUME SELEKSI 9 Mei 2010
Pagi hari, pukul 06.00 saya udah berangkat dari Depok bersama kedua teman saya, Lala dan Karisa. selama perjalanan kita ngobrol tentang soal yang mungkin aja bakal keluar pas tes AFS. mulai dari para mentri Indonesia sampe sutradara film AVATAR.... dan percaya gak percaya, dari obrolan kita ini, setidaknya 70 %nya keluar saat ujian!!!! kaya misalnya, hari batik naional, penghargaan apa saja yang diterima film AVATAR, mentri kehutanan apa mentri pendidikan gitu.... trus presiden yang meninggal karena kecelakaan pesawat trus ngomongin Obama abis itu ngomongin hari kemerdekaan Amerika... Pokoknya banyak deh, dan alhamdulillah banyak yang keluar!

Pukul 7 lewat kita sampe depan gerbang kompleks Al-Azhar Pusat. sambil nunjukin kartu peserta, kita boleh mengikuti ujian tertulis.... untung kita gak kelupaan.... phewww
Dan begitu kita kumpul, buanyak banget seragam sekolah warna-warni dari berbagai sekolah yang memadati Al-Azhar.... pada mulai dag-dig-dug deh.. tapi seneng juga karena saya sendiri ketemu temen-temen lama waktu SD. arghh mantap lah.... smepet ngobrol banyak gitu..

PUKUL 08.00
Ujian pun dimulai!!!! ujian pertama adalah tes pengetahuan umum.... Jumlahnya berapa yaaa??? 100 atau 50 ya?? pokoknya segituan deh.. Lupa nih. gomen XP. *plak!

Intinya kalian LIHAT, BACA, DENGAR berita-berita terbaru. setahun sebelum ujian maupun berita yang barusan nongol. dari yang menurut kamu penting, sampe yang kedengeranya konyol, semua keluarrrrrrr contohnya: Presiden negara bagian Amerika Serikat yang juga artis Hollywood? jawabanya kan Arnold Schwachineger. nah padahal waktu itu saya lagi ngebandingin Ade Rai sama Arnold dan ujungnya ada temen saya nyeletuk, "Hus! gitu-gitu Arnold itu presiden negara bagian AS tauk!" oke, saya sempet kaget, gilaaa mentrinya salah dipiting kali ya?? huahahaha ampun om Arnold

PUKUL 10.00
Ujian Bahasa Inggris. FYI, Insya Allah mulusssss semulus kalo kalian dengerin guru di kelas selama pelajaran B.Ingrris! nyahahahahaha aman lahhhh gak se-mengerikan tes pengetahuan umum... hoax banget tuh!

PUKUL 13.00
kita sampai pada tes yang katanya.... PALING MENENTUKAN! katanya sih nilai yang dihitung paling banyak dari tes menulis essai ini nih... so, siapkan diri kalian. waktu tahun saya ada 3 tema essai:
1. kalo kamu terlahir kembali, apa yang ingin kamu lakukan
2. Kalo kamu dikasih 1 hari penuh sebagai penguasa seluruh dunia. kira-kira 3 peraturan apa yang akan kamu buat? -ini tema yang saya pilih karena menurut saya paling menantang. cahilah....!!!
3. kalo kamu disuruh milih skill, mau pilih skill apaan? (yang ini saya kurang yakin deh... intinya gambaran temanya mirip!)
apapun tema yang kamu pilih salah satu, adalah tema YANG KAMU BANGET!! artinya kamu benar-benar menguasai tema itu..... 

nah itulah resume 1 hari yang SANGAT AMAT meguras tenaga.


WE SHOULD BE.......:
1. Siapkan fisik dan mental sebelum hari ujian. istirahat yang cukup
2. bawa bekal makanan dan minuman. karena sampe siang banget! disarankan: bawa minuman isotonik
3. banyak2 baca berita dah beneran! banyak ngobrol isu-isu penting sama temen, guru, encang-encing, semuanyaaaaa eventough sama ade kita!
4. saat essai, pilih tema yang kamu nyaman untuk menuliskanya
5. BAWALAH KARTU UJIAN KAMU!!!!! kalo lupa.... ehm, walaikumsalam wrb.
6. PALING PENTING: DON'T CHEAT WITH ANYONE!!!! denger-denger kamu bakal langsung di black-list kalo ketauan nyontek alias otomatis Gagal!! huwaaaa gak mau kan?? biarpun cuma gossip, tapi berhati-hatilah c:

WE SHOULDN'T BE....:
1. bergadang senelum hari H. kaya temenku dan aku sendiri... saking tegang = curious sama hari H...heheh pas hari H malah kita jadinya pusing dan ngantuk.... zzzz banget dah!
2. Mengkosongkan jawaban ujian. BELIEVE IN YOUR SELF! *jadi kaya lagu YOUR SEEDnya Hey! Say! JUMP?
3. jadi anak yang kelihatan pendiam. kenalan dongggg sama peserta dari sekolah lain.... saya punya temen namanya Via dari sekolah lain..... dan sekarang jadi deket deh!
4. PLEASE JANGAN BERANI-BERANI NYONTEK XP

Trik:
1. Kerjain soal yang kalian yakin benar... yang kurang yakin, pikirkan baik-baik sebelum NEMBAK! hahahah *beneran loh, daripada ga di'isi? sapa tau bener?
2. tanya2 sama senior yang pengalaman ikut AFS
3. pilih tema essai yang menarik buat kamu. sebisa mungkin di essai itu, kamu tonjolkan kelebihan kamu.

Berapa yang bakalan lulus?
jawabanya GAK PASTI. sekedar gamabran aja nih... tahun saya, peserta awal 1047, yang ke tahap 2 hanya sekitar 230'an..... kata kak-kakak panitia tergantung seberapa layak kalian lanjut ke tahap berikutnya!!!


AYOOOOO SEMANGAATTT!! GANBATTE!! pasti bisa!!! this is your second step after applied your form, right? so prepare ur self na~~!!

fuwaa semoga artikel ini bisa ngebantu teman2 kelas X untuk menerjang Tahapan Seleksi AFS ya...... kalo sudah lulus, jangan berbangga dulu... karna perjuangan masih panjang....

hehehe ayoooo mas, mba dipilih... dipilih... yang Eropa, Amerika, Jepang???? dipilih aja ayoo!!

Good luck c:

2 comments:

  1. halo . .
    kenalin aku Nanda Elysia dari chapter semarang, aku sekolah di SMA Negeri 3 Semarang . mbak taun ini aku mau seleksi AFS tahap 1, ntar mei kayaknya. aku pengen nanya2 semua yg berbau AFS . essay nya bisa dicontohin nggak mbak jawabannya apa?? takutnya ntar kalo aku ngawur banget ato jauh dari tema . hahaha
    oya mbak formulir awal nya itu menentukan juga nggak sih? kayak soal2 buat ortu ttg kelemahan ma kelebihan kita masing2 . arigatou gozaimasu :)
    cepet dibales yaa . hehe makasih (maaf kl terkesan SKSD)

    ReplyDelete
  2. please e-mail me on nityaningrum@yahoo.com for more info

    yaa jadi pengisian formulir itu menentukan banget. pokoknya yang paling penting itu jujur dehhh

    ReplyDelete